Monday, January 11, 2016

Perangkat Komputer

Kali ini kita akan membahas mengenai Perangkat Komputer, Sebenarnya banyak sekali dari kita sudah mengenal bagian-bagian dari perangkat komputer itu sendiri, karena kita sudh tidak asing lagi dengan alat yang satu ini, karena komputer sudah menjadi kebutuhan utama di rumah ataupun di tempat kita bekerja, lalu apa itu Perangkat Komputer?



Baiklah yang pertama kita harus mengetahui dulu apa yang dimaksud dengan Perangkat Komputer. Perangkat Komputer adalah suatu kesatuan yang dibentuk oleh bagian-bagian tertentu yang di sebut perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software).

Untuk itu kita akan membahas sedikit apa itu yang dimaksud dengan perangkat keras dan perangkat lunak tsb.

1. Perangkat Keras (Hardware)

Secara umum Perangkat Keras atau yang disebut dengan Hardware dapat didefenisikan sebagai perangkat komputer yang memiliki bentuk fisik yang dapat dilihat dan disentuh oleh manusia yang memiliki fungsi tertentu

Perangkat keras ini terbagi atas 5 golongan yaitu :
o   Perangkat Masukan (Input Device), yaitu perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, gambar dan sebagainya ke dalam komputer. Yang termasuk perangkat masukan adalah Keyboard, Mouse, Scanner, dan lain-lain.
o   Perangkat Keluaran (Output Device), yaitu perangkat yang digunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan (informasi). Contoh dari perangkat keluaran yaitu Speaker, Monitor, Printer, dan sebagainya.
o   Perangkat Pengolah Data (Processor), yaitu perangkat yang dipergunakan untuk mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan. Yang termasuk perangkat pengolah data ini adalah mikroprosesor.
o   Perangkat Penyimpanan Data (Backing Storage), yaitu perangkat yang digunakan untuk menyimpan data baik yang sudah diproses maupun yang belum proses. Backing Storage ini terbagi lagi menjadi 2 bagian yaitu internal dan eksternal. Bagian internalnya meliputi RAM dan ROM, sedangkan bagian eksternalnya meliputi Harddisk, Floopy Drive, CD ROM, Flash Disk, dan sebagainya.
o   Perangkat Tambahan (Periferal Device), yaitu perangkat tambahan atau pelengkap untuk mengoptimalkan kinerja komputer. Contohnya modem dan lain-lain.

2. Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak atau yang sering disebut software merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer yang dapat berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan suatu perintah atau dapat juga di defenisikan sebagai Perangkat Komputer yang tidak dapat kita sentuh secara langsung namun masih dapat kita lihat, karena perangkat lunak tersedia dalam bentuk digital. 

Perangkat Lunak sendiri terbagi atas beberapa macam yaitu :
o   Perangkat Lunak Aplikasi (Apllication Software), yaitu aplikasi yang terdapat dalam komputer yang berfungsi sebagai pengolah kata dan angka, pemutar media, dan sebagainya seperti MS Office, Media Player, dan Software lainnya.
o   Sistem Operasi (Operating System), yaitu program utama/induk yang berfungsi sebagai pusat pengaturan dan pemrosesan data dalam komputer, contohnya Windows, Linux, dan lain-lain.
o   Perkakas Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development Tools), seperti delphi bahasa pemrograman Pascal dan C.
o   Pengendali Perangkat Keras (Device Driver), yaitu penghubung antara perangkat keras dengan komputer. Contohnya Barcode Scanner atau yang biasa disebut pembaca label/kode barang. Alat ini biasanya terdapat di swalayan atau mall.


Itulah sedikit bahasan mengenai Perangkat Komputer, berikutnya kita akan membahas lebih lanjut mengenai perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software).

Related Articles

Perangkat Komputer

1 comments:

  1. In this manner my buddy Wesley Virgin's tale launches with this shocking and controversial video.

    You see, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he revealed hidden, "MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get whatever they want.

    These are the EXACT same secrets lots of famous people (especially those who "became famous out of nothing") and the greatest business people used to become wealthy and successful.

    You probably know how you use less than 10% of your brain.

    Mostly, that's because most of your brainpower is UNTAPPED.

    Perhaps this thought has even occurred INSIDE OF YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years ago, while riding an unlicensed, beat-up bucket of a car with a suspended driver's license and $3.20 in his pocket.

    "I'm so fed up with going through life paycheck to paycheck! When will I get my big break?"

    You've been a part of those those types of questions, isn't it so?

    Your success story is waiting to happen. All you need is to believe in YOURSELF.

    WATCH WESLEY SPEAK NOW

    ReplyDelete